Analisis Anion 1

Analisis anion 1. Yang termasuk anion 1 yaitu karbonat (CO32-), sianida (CN-) bromida (Br-), klorida (Cl-), tiosianat (CNS-), dan oksalat (C2O42-). Anion karbonat dan sianida merupakan anion yang melepaskan gas jika ditambahkan asam klorida atau asam sulfat encer. Klorida, bromida, iodida, dan tiosianat merupakan anion yang melepaskan gas jika ditambah asam sulfat pekat.

anion kation, ionik, van der waals, dipol momen

Hampir semua karbonat tidak larut dalam air, kecuali karbonat alkali dan amonium. Dengan asam klorida encer dapat memberikan gas karbondioksida beberntuk gelembung tidak berwarna. Adanya gas karbondioksida dapat diidentifikasi dengan mengalirkan gas pada kapur atau perak nitrat yang keduanya dapat membentuk kekeruhan.

Hanya sianida dari golongan alkali dan alkali tanah saja yang larut dalam air. Merkuri sianida larut dalam air, tetapi merupakan elektrolit lemah dan tidak terionisasi. Sianida dengan asam klorida encer dapat memberikan gas hidrogen sianida yang berbahaya. Adanya gas hidrogen sianida dapat dideteksi dengan kertas saring yang dibasahi dengan feriklorida dan HCl membentuk warna merah kompleks.

Hampir semua klorida larut dalam air. Beberapa klorida larut dalam air. Beberapa klorida yang tidaklarut dalam air yaitu Hg(I), Ag dan Pb. Hampir semua bromida larut dalam air. Beberapa bromida yang tidak larut dalam air yaitu Hg(I), Ag, Cu(I) dan Pb. Hampir semua iodida larut dalam air. Beberapa iodida yang tak larut dalam air adalah Hg(I), Ag, Cu(I) dan Pb.

| Ilmu Kimia | 07.00 WIB
Oleh : Dwi Winarto

Tentang | Hubungi | Kebijakan Privasi | Disclaimer
Copyright © 2012-2015. Ilmu Kimia - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger