Rumus Empiris, Molekul dan Struktur Senyawa Organik

Rumus empiris, rumus molekul, dan rumus struktur senyawa kimia organik. Dalam kimia, rumus empiris suatu senyawa kimia adalah rasio jumlah sederhana seluruh atom dari setiap unsur yang ada dalam senyawa. Rumus empiris digunakan sebagai standar untuk senyawa yang paling ionik, seperti CaCl2 , dan untuk makromolekul, seperti SiO2 . Rumus empiris merujuk pada proses analisis, suatu teknik kimia analitik yang digunakan untuk menentukan jumlah relatif dari setiap unsur dalam senyawa kimia.

Rumus molekul mengidentifikasi jumlah setiap jenis atom dalam molekul, dan rumus struktur juga menunjukkan struktur molekul.

Misalnya, senyawa kimia n-heksana memiliki rumus struktur CH3-CH2-CH2-CH2-CH2-CH3, yang menunjukkan bahwa n-heksana memiliki 6 karbon atom dan 14 hidrogen atom dalam rantai lurus. Rumus molekul heksana adalah C6H14, dan rumus empiris adalah C3H7, menunjukkan rasio C : H adalah 3:7.

Senyawa yang berbeda dapat memiliki rumus empiris yang sama. Misalnya formaldehid, asam asetat dan glukosa memiliki rumus empiris yang sama, CH2O. Ini adalah rumus kimia sebenarnya untuk formaldehida, namun asam asetat memiliki dua kali lipat jumlah atom dan glukosa memiliki enam kali jumlah atom.

Sebuah rumus kimia atau rumus molekul adalah cara untuk mengekspresikan informasi tentang atom tertentu dalam senyawa kimia.

Rumus kimia mengidentifikasi setiap konstituen unsur oleh simbol kimia dan menunjukkan jumlah atom dari setiap unsur yang ditemukan dalam setiap diskrit molekul senyawa tersebut. Jika molekul mengandung lebih dari satu atom dari unsur tertentu, kuantitas ini diindikasikan menggunakan subscript setelah simbol kimia (meskipun abad ke-18 buku sering digunakan superscripts) dan juga dapat dikombinasikan dengan unsur kimia lainnya.

Rumus kimia dapat digunakan dalam persamaan kimia untuk menggambarkan reaksi kimia.
Untuk senyawa ionik dan zat non-molekul yang rumus empiris dapat digunakan, di mana subskrip menunjukkan rasio unsur.

Abad ke-19 kimiawan Swedia Jöns Jakob Berzelius menemukan sistem untuk menulis rumus kimia.

Rumus struktur dari senyawa kimia adalah representasi grafis dari struktur molekul, menunjukkan bagaimana atom disusun. Ikatan kimia dalam molekul juga ditampilkan, baik secara eksplisit maupun implisit. Ada tiga representasi umum yang digunakan: teks, struktur Lewis dan berupa garis-sudut. Jenis lain juga digunakan, seperti dalam database kimia, seperti SMILES , InChI dan CML .

Tidak seperti nama atau rumus kimia, rumus struktur memberikan representasi dari struktur molekul. Kimiawan hampir selalu menggambarkan reaksi kimia atau sintesis menggunakan rumus struktur daripada nama kimia, karena rumus struktur memungkinkan kimiawan untuk memvisualisasikan molekul dan perubahan yang terjadi.

rumus kimia struktur asam asetat

Banyak senyawa kimia yang ada di berbagai isomer, yang memiliki struktur yang berbeda tapi rumus kimianya sama. Sebuah rumus struktur menunjukkan pengaturan atom yang tidak bisa dijelaskan dengan rumus kimia. Gambar di atas merupakan rumus struktur (atas) dan rumus molekul (bawah) dari asam asetat. Sedangkan rumus empiris asam asetat adalah CH2O.


| Ilmu Kimia | 07.00 WIB
Oleh : Dwi Winarto

Tentang | Hubungi | Kebijakan Privasi | Disclaimer
Copyright © 2012-2015. Ilmu Kimia - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger