Contoh Senyawa Kompleks

Senyawa kompleks sangat erat dengan kehidupan manusia. Senyawa kompleks dikenal manusia sejak awal mula kemunculan ilmu kimia. Berikut ini adalah contoh senyawa kompleks, tiga di antaranya merupakan senyawa kompleks yang alami, sedangkan yang terakhir adalah buatan manusia. Inilah contoh senyawa kompleks.

Hemoglobin

Contoh senyawa kompleks yang pertama adalah hemoglobin. Hemoglobin merupakan salah satu komponen sel darah merah yang bertugas mengangkut oksigen merupakan salah satu senyawa kompleks dengan atom pusat Fe(II). Inilah rumus struktur hemoglobin tipe b.

struktur hemoglobin

Klorofil

Klorofil yang merupakan zat hijau daun dan berperan aktif dalam proses fotosintesis adalah suatu senyawa kompleks dengan atom pusat Mg. Inilah contoh klorofil tipe c1.
struktur klorofil


Vitamin B12

Contoh senyawa kompleks yang lain adalah vitamin B12. Vitamin B12 merupakan salah satu senyawa kompleks dengan atom pusat Co. Strukturnya yang sangat kompleks membuat vitamin B12 sulit untuk diproduksi dalam industri.

vitamin B12


EDTA

Kepanjangan EDTA adalah etilen diamin tetra asetat. EDTA banyak digunakan untuk memperkirakan kadar Mg2+ dan Ca2+ dalam air sadah.

EDTA


| Ilmu Kimia | 07.00 WIB
Oleh : Ilmu Kimia

Tentang | Hubungi | Kebijakan Privasi | Disclaimer
Copyright © 2012-2015. Ilmu Kimia - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger