Protein

Pengertian Protein

Protein merupakan senyawa yang ditemukan dalam semua sel hidup, yaitu pada hewan dan tanaman. Protein mempunyai peran penting untuk mempertahankan struktur dan fungsi semua bentuk kehiduan. Protein kata berasal dari kata Yunani protos, yang berarti primer atau pertama. Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perbaikan, dan fungsi protein tidak terbatas. Setiap sifat yang menjadi ciri khas suatu organisme hidup dipengaruhi oleh protein.

Protein mempunyai banyak fungsi yang penting bagi kehidupan. Protein tersusun oleh dua puluh macam asam amino alami yang bervariasi. Dengan kata lain. protein merupakan polimer dari asam amino.

Asam Amino Esensial dan Non Esensial

Untuk membuat semua protein yang dibutuhkan tubuh dibutuhkan 22 asam amino yang berbeda. Sepuluh di antaranya disebut dengan asam amino esensial. Asam amino esensial adalah asam amino yang tidak dapat disintesis dalam tubuh dan harus didapatkan dari makanan. Selain itu ada juga yang disebut sebagai asam amino non esensial. Asam amino non esensial dapat diproduksi (disintesis) dalam tubuh dari lemak, karbohidrat dan asam amino lainnya. Inilah asam aminoo esensial dan non esensial.

Esensial Non Esensial
Arginin Alanin
Histidin Asparagin
Isoleusin Asam Aspartat
Leusin Sitrulin
Lisin Sistein
Metionin Asam Glutamat
Fenilalanin Glisin
Treonin Asam Hidroksiglutamat
Triptofan Norleusin
Valin Prolin
Serin
Tirosin