Karbohidrat

Pengertian Karbohidrat

Karbohidrat adalah senyawa organik yang hanya mengandung atom C, H dan O dengan perbandingan atom hidrogen:oksigen yakni 2:1 (seperti pada air). Dengan kata lain, karbohidrat mempunyai rumus empiris yaitu Cm(H2O)n  (dimana m berbeda dengan n). Walaupun pada rumus empiris menggunakan H2O, namun kenyatannya tidak ada molekul air yang terikat langsung pada rantai karbon karbohidrat.

Pada konsep biokimia, karbohidrat sering disebut dengan sakarida. Sakarida atau karbohidrat dibagi menjadi empat jenis, yaitu monosakarida, disakarida, oligosakarida, dan polisakarida. Secara umum, nonosakarida dan disakarida mempunyai rumus molekul yang kecil, dan sering disebut gula.

Struktur Karbohidrat

Sakarida alami biasanya berupa sakarida sederhana yang disebut monosakarida dengan rumus umum (CH2O)n dimana n bisa tiga atau lebih. Monosakarida  mempunyai struktur
H-(CHOH)x(C=O)-(CHOH)y-H dengan adanya gugus aldehida atau keton. Rantai terbuka monosakarida berdampingan dengan rantai tertutup dimana gugus karbonil (C=O) aldehida dan keton dan gugus hidroksi (-OH) bereaksi membentuk hemiasetal dengan membentuk jembatan C-O-C. Monosakarida dapat terhubung satu sama lain membentuk polisakarida atau oligosakarida.

Nutrisi

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi antara lain beras, kentang, ketela, gandum, jagung, dan buah yang berasa manis. Karbohidrat merupakan sumber energi makhluk hidup. Otak dan neuron manusia tidak dapat mengambil energi dari lemak, melainkan dari glukosa atau keton. Manusia dapat mensintesis beberapa glukosa (yang disebut dengan glukoneogenesis) dari asam amino khusus, rantai gliserol pada trigliserida, dan asam lemak. Karbohidrat dan protein mengandung 4 kalori per gram, sedangkan lemak mengandung 9 kalori per gram.

makanan tinggi karbohidrat
Makanan dengan kadar karbohidrat yang tinggi

Metabolisme

Katabolisme

Katabolisme adalah reaksi metabolik dimana sel melakukan ekstraksi energi. Ada dua tipe jalur metabolisme dari monosakarida, yaitu katabolisme (glikolisis) dan siklus asam sitrat.

Pada glikolisis, oligosakarida atau polisakarida dipecah menjadi monosakarida oleh enzim glikosida hidrolase. Unit monosakarida kemudian memasuki katabolisme karbohidrat. Pada beberapa kasus, seperti pada manusia, tidak semua karbohidrat dapat digunakan untuk pencernaan karena tidak tersedia enzim yang dibutuhkan untuk mencerna.

| Ilmu Kimia | 07.00 WIB
Oleh : Ilmu Kimia

Tentang | Hubungi | Kebijakan Privasi | Disclaimer
Copyright © 2012-2015. Ilmu Kimia - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger