Reaksi Peluruhan Radioaktif

Pengertian Peluruhan Radioaktif

Peluruhan radioaktif, juga dikenal sebagai peluruhan nuklir atau radioaktif, adalah proses dimana inti dari atom stabil kehilangan energi dengan memancarkan partikel radiasi. Peluruhan radioaktif bersifat acak pada tingkat atom tunggal. Menurut teori kuantum, mustahil untuk memprediksi kapan sebuah atom tertentu akan meluruh. Namun demikian, ada kemungkinan bahwa sebuah atom tertentu akan meluruh secara konstan dari waktu ke waktu. Untuk sejumlah besar atom, tingkat kerusakan untuk koleksi ini dihitung dari konstanta peluruhan nuklida.

Proses peluruhan pertama yang ditemukan adalah peluruhan alfa, beta, dan gamma. Peluruhan alfa terjadi ketika inti memancarkan partikel alfa (inti helium). Peluruhan beta terjadi ketika inti memancarkan elektron atau positron dan jenis neutrino, dalam suatu proses yang mengubah proton menjadi neutron atau sebaliknya. Semua proses ini mengakibatkan transmutasi nuklir. Sebaliknya, ada proses peluruhan radioaktif yang tidak mengakibatkan transmutasi. Energi dari inti dapat dipancarkan sebagai sinar gamma, atau digunakan untuk mengeluarkan elektron orbital oleh interaksi dengan inti yang tereksitasi.

Pengertian Zat Radioaktif

Zat radioaktif adalah unsur yang dapat memancarkan jenis radiasi yang meliputi partikel alfa, beta, dan gamma secara spontan. Ada 34 unsur radioaktif di tabel SPU yang dapat bersifat radioaktif.

gambar zat radiokatif
Logo radioaktif

Jenis-jenis Peluruhan Radioaktif

Ada berbagai jenis peluruhan radioaktif. Untuk lebih jelas, bacalah tabel peluruhan berikut:

Nama Peluruhan Partikel yang Terlibat Hasil
Meluruh dengan emisi nukleon:
Peluruhan alfa Satu partikel alfa (A = 4, Z = 2) dipancarkan dari inti (A – 4, Z – 2)
Emisi proton Satu proton dilepaskan dari inti (A – 1, Z – 1)
Emisi neutron Satu neutron dikeluarkan dari inti (A – 1, Z)
Emisi proton ganda Dua proton dikeluarkan dari inti secara bersamaan (A – 2, Z – 2)
Fisi spontan Inti hancur menjadi dua atau lebih inti kecil dan partikel lainnya
Peluruhan Cluster Inti memancarkan jenis inti tertentu yang lebih kecil (A1, Z1) lebih kecil dari atau lebih besar dari partikel alfa (AA1, ZZ1) + (A1, Z1)
Berbagai peluruhan beta:
Peluruhan β Sebuah inti memancarkan elektron dan antineutrino elektron (A, Z + 1)
Emisi positron (peluruhan β+) Sebuah inti memancarkan positron dan neutrino elektron (A, Z – 1)
Penangkapan elektron Sebuah inti menangkap elektron yang mengorbit dan memancarkan neutrino, nuklei anak yang tersisa dalam keadaan tidak stabil tereksitasi (A, Z – 1)
Peluruhan beta ganda Sebuah inti memancarkan dua elektron dan dua antineutrino (A, Z + 2)
Penangkapan elektron ganda Sebuah inti menyerap dua elektron orbital dan memancarkan dua neutrino. Nuklei anak yang tersisa dalam keadaan tereksitasi dan tidak stabil (A, Z – 2)
Tangkapan elektron dengan emisi positron Sebuah inti menyerap satu elektron orbital, memancarkan satu positron dan dua neutrino (A, Z – 2)
Emisi positron ganda Sebuah inti memancarkan dua positron dan dua neutrino (A, Z – 2)