Asas Le Chatelier

Pengertian Asas Le Chatelier

Asas Le Chatelier adalah asas yang digunakan untuk memprediksi pengaruh perubahan kondisi pada kesetimbangan kimia. Asas atau prinsip ini dinamai sesuai dengan penemunya yaitu Henry-Louis Le Châtelier. Bunyi prinsip Le Chatelier adalah:

Ketika sistem kesetimbangan dilakukan perubahan karena konsentrasi, suhu, volume, atau tekanan, maka sistem akan menyesuaikan diri sedemikian rupa meniadakan pengaruh perubahan dan akan menghasilkan kesetimbangan baru.

Atau dapat dikatakan bahwa ketika ada aksi yang mengganggu sistem, maka sistem akan bereaksi supaya pengaruh aksi menjadi kecil sekecil-kecilnya.

Penjelasan Asas Le Chatelier

Dalam ilmu kimia, prinsip Le Chatelier digunakan untuk memanipulasi hasil dari reaksi bolak-balik (reversible), bahkan bisa juga untuk memperbanyak produk reaksi. Asas Le Chatelier hanya berlaku pada kesetimbangan dinamis. Pada farmakologi, ikatan ligan untuk penerima bisa saja menggeser kesetimbangan berdasarkan asas Le Chatelier, sehingga dapat menjelaskan bermacam-macam fenomena aktivasi dan desensitisasi reseptor.

kesetimbangan asas le chatelier
Henry-Louis Le Châtelier

Suatu aksi yang dapat mengubah suhu, tekanan atau konsentrasi reaktan pada sistem kesetimbangan akan menstimulasi respon yang secara perlahan mengimbangi perubahan ketika dihasilkan kesetimbangan baru. Pada tahun 1884, kimiawan Perancis bernama Henry-Louis Le Châtelier mengusulkan konsep pusat dari kesetimbangan kimia, yang mana menjelaskan apa yang terjadi pada sistem jika sesuatu komponen “diambil” dari kesetimbangan. Berikut adalah tiga cara untuk mengubah kondisi reaksi pada saat terjadi kesetimbangan:

  1. Perubahan konsentrasi salah satu komponen reaksi
  2. Perubahan tekanan sistem
  3. Perubahan suhu ketika reaksi berlangsung

Supaya lebih jelas, pelajari pengaruh konsentrasi, suhu, volume dan tekanan terhadap kesetimbangan kimia.