Pembuatan Ester

Esterifikasi merupakan nama yang paling umum digunakan untuk reaksi kimia dimana dua pereaksi (alkohol dan asam) membentuk suatu ester sebagai hasil reaksi.
pembuatan ester
Pembuatan ester dengan cara esterifikasi
Berikut merupakan cara-cara untuk pembuatan ester:

Esterifikasi Asam Karboksilat

Disebut juga sebagai esterifikasi Fischer, dimana melibatkan asam karboksilat dan alkohol dengan adanya katalis.

RCO2H + R’OH ⇄ RCO2R’ + H2O

Reaksi di atas berjalan lambat tanpa adanya katalis. Katalis yang umum digunakan dalam reaksi tersebut adalah asam sulfat. Karena reaksi esterifikasi bersifat reversibel (dapat balik), rendemen ester dapat ditingkatkan menggunakan asas Le Chatelier:

  • Menggunakan alkohol berlebih
  • Menggunakan agen pendehidrasi seperti asam sulfat yang bukan hanya berperan sebagai katalis, namun juga dapat menyingkirkan air (sebagai produk reaksi).
  • Penghilangan air secara fisik. Contohnya adalah melalui destilasi.

Alkoholisis Asil Klorida dan Anhidrida Asam

Alkohol bereaksi dengan asil klorida dan anhidrida asam menghasilkan ester:

RCOCl + R’OH → RCO2R’ + HCl

(RCO)2O + R’OH → RCO2R’ + RCO2H

Reaksi di atas tidak dapat balik sehingga lebih disukai. Karena asil klorida dan anhidrida asam juga beraksi dengan air, reaksi tersebut lebih baik dilakukan secara anhidrous. Metode ini dikenal mahal, sehingga hanya dilakukan di skala laboratorium.

Alkilasi Garam Karboksilat

Garam anion karboksilat dapat menjadi agen alkilasi dengan alkil halida untuk menghasilkan ester. Jika digunakan alkil klorida, suatu garam iodida dapat mengkatalisis reaksi (reaksi Finkelstein). Garam karboksilat sering dihasilkan secara in situ.

Transesterifikasi

Transesterifikasi adalah reaksi penggantian ester satu dengan yang lainnya. Berikut reaksinya:

RCO2R’ + CH3OH → RCO2CH3 + R’OH

Seperti hidrolisasi, transesterifikasi dikatalisis oleh asam dan basa. Reaksi ini digunakan secara luas untuk mendegradasi trigliserida, seperti pada pembuatan ester asam lemak dan alkohol.

Karbonilasi

Alkena mengalami hidroesterifikasi dengan adanya katalis karbonil logam. Ester asam propionat diproduksi secara komersial dengan metode ini:

C2H4 + ROH + CO → C2H5CO2R

Adisi Asam Karboksilat terhadap Alkena

Dengan adanya kalatalis basa paladium, maka pereaksi etilen, asam asetat, dan oksigen bereaksi menghasilkan vinil asetat.

C2H4 + CH3CO2H + 1/2 O2 → C2H3O2CCH3 + H2O