Analisis Kation Golongan III, IV, dan V

gambar anion ion kation
Analisis kation golongan III, IV, dan V. Kation golongan III meliputi Co2+, Al3+, Cr3+, Fe2+, Fe3+, Mn2+, Ni2+, dan Zn2+. Kation golongan ini tidak membentuk endapan dengan klorida dan tiak membentuk endapan dengan hidrogen sulfida pada suasana asam (HCl 0,3 M). Namun demikian kation golongan III akan membentuk endapan sulfida atau hidroksida pada suasana netral atau amoniakal (NH4OH). Pengendapan sulfida antara golongan II dan III hanya dibedakan oleh suasana larutan.

Kation golongan IV terdiri dari kation Ca2+, Sr2+, dan Ba2+. Kation ini tidak membentuk endapan dengan klorida, tidak membentuk endapan dengan hidrogen sulfida pada suasana asam (HCl 0,3 M), suasana netral maupun basa amoniakal. Namun kation golongan IV ini dapat membentuk endapan dengan pereaksi amonium karbonat pada suasana amonium klorida (netral atau tidak begitu asam).

Kation golongan V terdiri atas K+, Na+, Mg2+, dan NH4+. Kation golongan V tidak mebentuk endapan dengan pereaksi-pereaksi untuk golongan I-IV sehingga mereka tetap dalam bentuk larutan. Oleh karena itu kation golongan ni disebut golongan sisa.