Berat Gram Ekivalen (Grek)

menghitung massa ekivalen
Berat gram ekivalen (grek). Dalam ilmu kimia,berat gram ekivalen sering sekali digunakan. Gram ekivalen sama dengan massa dalam gram. Jika massa dalam kimia adalah gram, maka massa  gram ekivalen dinyatakan oleh:

Gram ekivalen (grek) =
g
E

Perhatikan contoh reaksi pembentukan air:

2 H2O + O2 2 H2O
Di sini 2 mol hidrogen direaksikan dengan 1 mol oksigen membentuk 2 mol mol air. Dalam hal massa, 4 gram hidrogen bereaksi dengan 32 gram oksigen membentuk 36 gram air. Proporsi yang relevan terlibat dengan persamaan ini adalah:
Koefisien dari persamaan yang seimbang = 2:1:2
Molekul / mol = 2:1:2
Massa = 4:32:36 = 1:8:9
Di sisi lain, grek hidrogen, oksigen dan air 1, 8 dan 9. Jelas, proporsi massa berpengaruh pada berat ekivalen. Perhatikan bahwa konsep mol tergantung pada koefisien persamaan kimia yang seimbang. Di sisi lain, konsep berat ekivalen adalah independen dari koefisien persamaan kimia yang setara.
grek hidrogen grek oksigen grek air
Perhatikan bahwa tidak ada menyebutkan koefisien persamaan reaksi setara dalam hubungan berat ekivalen. Kita harus memahami bahwa dua teknik menganalisis reaksi kimia yang pada dasarnya sama. Kita perlu mempertimbangkan koefisien yang terlibat dalam persamaan reaksi setara untuk menerapkan konsep mol. Di sisi lain, koefisien tidak dipertimbangkan ketika menggunakan konsep berat ekivalen, tetapi kita perlu mengetahui faktor valensi yang sesuai. Penting untuk menyadari bahwa hubungan di atas bukanlah hubungan dihubungkan oleh “sama dengan (=)” tanda. Sebaliknya, mereka terhubung dengan tanda yang setara (≡). 
Konsep grek adalah langkah utama dalam konteks ini. Untuk soal pembentukan air, perbandingan massa hidrogen, oksigen dan air adalah 1 gram: 8 gram: 9 gram. Sekarang kita tahu bahwa grek diperoleh dengan membagi massa berat setara. Oleh karena itu, grek masing-masing adalah 1/1 = 1, 8/8 = 1 dan 9/9 = 1. Dengan demikian, grek adalah sama. Jika grek hidrogen adalah 2, maka grek oksigen dan air juga akan menjadi 2. Seperti:
x grek hidrogen = x grek oksigen = x grek air