Jenis Reaksi Kimia

jenis reaksi kimia laboratorium
Jenis reaksi kimia. Ada banyak sekali tipe reaksi kimia. Ketika suatu zat kimia direaksikan dengan yang lainnya, maka zat itu akan bercampur dan menghasilkan zat baru, walaupun terkadang ada zat yang tidak ikut beraksi dan tetap seperti bahan awal. Contoh jenis reaksi kimia yang paling sederhana adalah sebagai berikut:

  • Reaksi pembentukan / formasi
  • Reaksi penguraian
  • Reaksi penggaantian atau substitusi
  • Reaksi penggantian ganda
  • Reaksi reduksi dan oksidasi

1. Reaksi pembentukan
Kombinasi atau penambahan atau pembentukan atau sintesis adalah perubahan kimia di mana atom atau molekul dari dua atau lebih zat bergabung untuk membentuk molekul baru. Reaksi sintesispaling banyak terjadi dalam reaksi organik.

2. Reaksi penguraian
Reaksi kimia di mana molekul zat memecah untuk membentuk molekul sederhana dari dua atau lebih zat baru dikenal sebagai reaksi dekomposisi atau penguraian. Ketika suatu zat terurai karena panas disebut dekomposisi termal, sedangkan dekomposisi karena listrik, disebut dekomposisi elektrolit.

3. Reaksi substitusi
Reaksi substitusi atau perpindahan adalah perubahan kimia di mana atom dari satu unsur menggantikan atom unsur lain dari molekul senyawa. Unsur yang lebih reaktif menggantikan unsur-unsur yang lain. Unsur yang mempunyai elektropositif yang lebih tinggi menggantikan unsur yang mempunyai elektropositif lebih rendah.

4. Reaksi substitusi ganda
Hampir sama dengan reaksi substitusi. Reaksi substitusi ganda adalah reaksi di mana ion positif dan negatif dari dua zat dalam larutan saling dipertukarkan.

5. Reaksi reduksi dan oksidasi
Reaksi oksidasi merupakan reaksi yang menyebabkan naiknya bilangan oksidasi. Sebaliknya reaksi reduksi merupakan reaksi yang menyebabkan turunnya bilangan oksidasi.