Tata Nama Keton

Keton mempunyai tata nama IUPAC dan umum (trivial). Penjelasan tata nama keton adalah sebagai berikut:

Nama IUPAC Keton

Tata nama IUPAC pada keton hanya mengganti akhiran -a pada alkana dengan -on untuk keton dengan jumlah rantai karbon yang sama. Sebagai contoh, jika dalam alkana ada propana, maka dalam keton ada propanon, yang masing-masing mempunyai jumlah rantai karbon yang sama, yaitu tiga. Keton merupakan salah satu senyawa karbonil, yang artinya mempunyai gugus karbonil (C=O) pada strukturnya. Oleh karena rumus umum keton adalah R(C=O)R’, maka keton yang paling pendek adalah propanon.

propanon

Nomor posisi gugus karbonil dalam rantai karbon ditulis di bagian depan. Jika ada gugus fungsi lain, maka penomoran dimulai dari atom C ujung yang berdekatan dengan gugus karbonil. Contoh:

Nama Trivial Keton

Pemberian nama trivial untuk keton menggunakan cara yang sama untuk eter, yaitu dengan cara menyebutkan gugus-gugus yang terikat pada gugus karbonil, kemudian diikuti dengan menyebutkan kata keton.

aseton
Ada juga nama populer untuk keton. Sebagai contoh, dimetil keton sering disebut aseton, sedangkan fenil metil keton disebut dengan asetofenon. Inilah rumus struktur asetofenon.
rumus struktur asetofenon
Nama trivial untuk keton juga dapat menggunakan sistem α, β, γ sesuai dengan posisi substituen yang terikat dihitung dari gugus karbonil. Contoh: