Asam-asam Biner

Pengertian Asam Biner

Asam-asam biner (binary acids) yang paling umum adalah asam-asam halida yang mempunyai pKa sebagaimana ditunjukkan pada tabel di bawah. Nilai positif bagi pKa asam hidrofluorida menyatakan bahwa asam ini bersifat paling lemah dari ketiga asam yang lain, sedangkan asam hidroiodida paling kuat. HCl, HBr, dan HI dalam air adalah asam-asam kuat, terion hampir semua dengan persamaan ionisasi secara umum sebagai berikut:

HX (aq) + H2O (l) ⇌ H3O+ (aq) + X (aq)

Persamaan ionisasi tersebut menunjukkan bahwa perubahan utama yang terjadi adalah pemecahan ikatan H-X (X = F, Cl, Br, dan I) dan pembentukan tambahan ikatan O-H pada molekul H2O menjadi ion hidronium (H3O+).

asam biner

Nilai energi ikatan dapat dilihat pada tabel, dan energi ikatan O-H adalah 459 kJ mol-1. Oleh karena kecenderungan reaksi menuju ke arah pembentukan ikatan yang lebih kuat, maka jelas bahwa derajat ionisasi makin membesar dari HF ke HI, dan ternyata secara sederhana dapat dikatakan bahwa perbedaan energi ikatan berkorelasi baik dengan kekuatan asam yang bersangkutan. Namun demikian, perhitungan kuantitatif sifat asam harus melibatkan entalpi dan entropi dari hidrasi ion maupun molekul yang bersangkutan.

Asam pKa Energi Ikatan (kJ mol-1)
HF (aq) +3 565
HCl (aq) -2 428
HBr (aq) -9 362
HI (aq) -10 295