Isomer Kerangka, Posisi, dan Gugus Fungsi

Pengertian

Isomer adalah molekul yang mempunyai rumus kimia yang sama, namun mempunyai struktur yang berbeda. Berasal dari bahasa Yunani, kata ini merupakan adaptasi dari kata ἰσομερής, isomerès; dimana isos berarti sama, dan méros artinya bagian. Isomer mempunyai jumlah atom yang sama untuk masing-masing unsur, tetapi mempunyai perbedaan susunan penempatan atom-atomnya. Isomer belum tentu mempunyai sifat-sifat yang sama, kecuali mempunyai gugus fungsi yang sama. Isomer yang akan dibahas adalah isomer kerangka, posisi dan gugus fungsi.

Jenis-jenis

Ada tiga tipe yang akan dibahas di sini, yakni kerangka, posisi, dan gugus fungsi.

Isomer Kerangka atau Rantai

Isomer kerangka atau rantai adalah molekul yang mempunyai kerangka yang berbeda, tetapi mempunyai rumus molekul yang sama. Isomer kerangka paling banyak terjadi pada alkana. Contoh isomer kerangka atau rantai adalah n-pentana, isopentana, dan neopentana.

Isomer 1 Isomer 2 Isomer 3
isomer kerangka
isomer kerangka
isomer kerangka
n-pentana
isopentana
neopentana

 

Posisi

Isomer posisi atau regioisomer merupakan molekul yang mempunyai posisi gugus fungsi yang berbeda, melekat pada rantai induk yang sama. Pada contoh di bawah ini, gugus hidroksil (-OH) melekat pada n-pentana dalam tiga posisi yang berbeda.

Isomer 1 Isomer 2 Isomer 3
isomer posisi
isomer posisi
isomer posisi
1-pentanol 2-pentanol 3-pentanol

Beberapa isomer aromatik ada karena gugus fungsi dapat diposisikan pada bagian yang berbeda pada cincin benzena. Sebagai contoh adalah xilenol. Xilenol mempunyai satu gugus hidroksil dan dua gugus metil sehingga mempunyai enam isomer.

Gugus fungsi

Isomer gugus fungsi merupakan isomer struktur yang mempunyai rumus molekul yang sama, namun atom-atomnya terhubung dengan cara lain sehingga membentuk gugus fungsi yang berbeda. Sebagai contoh, sikloheksana dan 1-heksena mempunyai rumus molekul yang sama, yaitu C6H12. Kedua molekul tersebut dapat digolongkan menjadi isomer gugus fungsi, karena sikloheksana merupakan sikloalkana, sedangkan 1-heksena merupakan alkena.

Isomer 1 Isomer 2
isomer gugus fungsi
isomer gugus fungsi
1-heksena sikloheksana