Kelimpahan Unsur Golongan Karbon

Halaman ini menjelaskan tentang kelimpahan semua unsur golongan karbon. Berikut adalah kelimpahan karbon, silikon, germanium, timah, timbal, dan flerovium.

Kelimpahan Karbon

Karbon terakumulasi sebagai hasil dari penggabungan stelar di kebanyakan bintang. Karbon dijumpai di kerak bumi dengan konsentrasi 480 ppm (part per million). Karbon juga ditemukan pada air laut dengan konsentrasi 28 ppm. Karbon terdapat di atmosfer dalam bentuk karbon monoksida, karbon dioksida dan metana. Karbon merupakan konstituen kunci dari mineral karbonat dan hidrogen karbonat yang mana ditemukan di air laut. Info mengejutkan bahwa 22,8% tubuh manusia terdiri dari karbon.

bijih karbon
Campuran dolomit, kalsit, dan kalkopirit. Ketiganya adalah mineral karbonat.

Kelimpahan Silikon

Silikon dapat ditemukan di kerak bumi dengan konsentrasi 28%. Hal itu membuat silikon menempati peringkat kedua unsur yang paling melimpah di bumi. Konsentrasi silikon pada air laut bervariasi antara 30 ppb (part per billion) di permukaan air laut hingga 2000 ppb (di kedalaman). Debu silikon sering terjadi di atomsfer bumi. Mineral silikat merupakan mineral yang paling banyak ditemukan di alam. Di tubuh manusia, silikon ada sekitar 14,3%.

Kelimpahan Germanium

Germanium menyusun sekitar 2 ppm kerak bumi. Germanium merupakan unsur paling melimpah nomor 52. Germanium ditemukan di tanah dengan rata-rata konsentrasi 1 ppm. Di air laut, germanium ada sekitar 0,5 ppt (part per trillion). Germanium dijumpai di tubuh manusia dengan konsentrasi 71,4 ppb.

Kelimpahan Timah

Timah ada di kerak bumi dengan kelimpahan sekitar 2 ppm. Timah merupakan unsur paling melimpah nomor 49. Rata-rata timah ditemukan di tanah dengan konsentrasi 1 ppm. Timah(IV) oksida dijumpai di tanah dengan konsentrasi 0,1 hingga 300 ppm.

Kelimpahan Timbal

Keberadaan timbal di bumi adalah sekitar 14 ppm. Timbal merupakan unsur paling melimpah ke-36. Di tanah, rata-rata timbal ada sekitar 23 ppm. Tetapi jumlah tersebut dapat meningkat hingga 20000 ppm (2%) di dekat pertambangan timbal. Timbal dijumpai di air laut dengan konsentrasi sekitar 2 ppt. Timbal menyusun 0,17% tubuh manusia.

Kelimpahan Flerovium

Flerovium hanya terdapat pada akselerator partikel.