Manfaat Unsur Golongan Boron

Halaman ini akan menjelaskan tentang penggunaan dan manfaat unsur golongan boron. Karena banyaknya manfaat, maka unsur golongan boron terus dilakukan ekstraksi dan dimurnikan dari bijihnya.

Manfaat Boron

Boron telah dipakai pada banyak industri dalam beberapa dekade terakhir. Pemakaian yang sering ditemui adalah pada industri fiberglass. Pengembangan kaca borosilikat sangatlah pesat. Keunggulan kaca borosilikat adalah resistensi (ketahanan) yang lebih besar terhadap ekspansi termal daripada kaca biasa. Penggunaan komersial yang lan dari boron dan turunannya adalah pada keramik. Beberapa senyawa boron, terutama oksida, memiliki sifat yang unik dan berharga yang membuatnya tidak tergantikan. Boron dapat ditemukan dalam pot, vas, piring, dan wajan keramik (sebagai isolator). Senyawa boraks digunakan dalam pemutih, baik untuk pakaian dan gigi. Kekerasan boron dan beberapa senyawanya memberikan beragam manfaat. Sebagian kecil (5%) dari boron digunakan dalam pertanian

Manfaat Aluminium

Aluminium adalah logam dengan berbagai manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Aluminium paling  sering dijumpai dalam bahan konstruksi, alat-alat listrik (terutama karena konduktor dalam kabel), dan peralatan masak.

aluminium konstruksi
Aluminium digunakan sebagai bahan konstruksi kerangka atap bangunan

Kurangnya reaktivitas aluminium dengan produk makanan membuatnya sangat berguna untuk pengalengan dan pengawetan makanan. Afinitasnya yang tinggi terhadap oksigen membuat aluminium beperan sebagai reduktor yang baik. Bubuk aluminium murni teroksidasi dengan cepat di udara, menghasilkan sejumlah panas (pembakaran sekitar 3037°C), sehingga aluminium berguna dalam pengelasan. Aluminium adalah komponen dari paduan logam (alloy) yang digunakan  sebagai bahan baku pesawat. Mobil juga menggunakan aluminium pada kerangka dan bodi. Hal serupa juga dijumpai di peralatan militer.

Manfaat Galium

Galium dan turunannya hanya ditemukan dalam beberapa dekade terakhir. Galium arsenida digunakan dalam semikonduktor, amplifier, sel surya (misalnya dalam satelit) dan dioda untuk rangkaian pemancar FM. Paduan logam galium digunakan sebagian besar untuk keperluan gigi. Galium amonium klorida digunakan untuk bahan baku transistor. Penggunaan utama galium adalah untuk lampu LED. Galium memiliki sifat mampu “membasahi” kaca dan porselen, dan dengan demikian galium dapat digunakan untuk membuat cermin dan benda-benda yang sangat reflektif lainnya. Galium dapat ditambahkan ke paduan logam lain untuk menurunkan titik leleh.

Manfaat Indium

Penggunaan indium dapat dibagi menjadi empat kategori: bagian terbesar (70%) digunakan untuk bahan pelapis, biasanya dikombinasikan dengan indium timah oksida (ITO); sebagian kecil (12%) digunakan dalam paduan logam dan patri (solder); jumlah yang sama digunakan dalam komponen listrik dan semikonduktor; dan terakhir 6% digunakan dalam hal yang lain. Indium dapat ditemukan pada plating, bantalan, perangkat layar, reflektor panas, fosfor, dan batang kendali nuklir. Timah oksida indium telah digunakan untuk beberapa hal, termasuk pelapis kaca, panel surya, lampu jalan, beberapa perangkat layar, lampu natrium, kaca depan dan sinar katoda tabung.

Manfaat Talium

Talium lebih sering digunakan digunakan dalam bentuk unsur. Talium digunakan dalam gelas dengan titik leleh rendah, sel fotolistrik, saklar, paduan merkuri untuk termometer kaca, dan garam talium. Talium dapat ditemukan dalam lampu dan bahan elektronik, dan juga digunakan dalam miokardial. Talium merupakan katalis dalam sintesis organik. Talium hidroksida (TlOH) digunakan dalam produksi senyawa talium lainnya. Talium sulfat (Tl2SO4) adalah pembunuh kutu yang amat baik, dan merupakan komponen utama dalam beberapa racun tikus.