Tata Nama Ester

Kata ester diusulkan pada tahun 1848 oleh kimiawan Jerman bernama Leopold Gmelin. Kemungkinan kata tersebut adalah penyingkatan kata dari bahasa Jerman yaitu Essigäther. Berikut penjelasan tentang tata nama ester menurut IUPAC dan trivial:

Tata Nama Ester IUPAC

Nama ester diturunkan dari alkohol dan asam penyusunnya. Ester yang diturunkan dari asam karboksilat sederhana umumnya dinamakan menggunakan nama trivial. Contoh nama trivial adalah format, asetat, propionat, butirat yang artinya sama dengan nama IUPAC metanoat, etanoat, propanoat dan butanoat. Ester yang diturunkan dari beberapa asam karboksilat rumit lebih sering dinamakan dengan menggunakan nama IUPAC, dengan kata dasar asam diikuti akhiran -oat. Contohnya adalah heksil oktanoat. Sinonim heksil oktanoat dalam nama trivial adalah heksil kaprilat, dengan rumus CH3(CH2)6CO2(CH2)5CH3.

Rumus kimia ester organik umumnya adalah RCO2R’, dimana R adalah hidrokarbon dari asam karboksilat dan R’ adalah hidrokarbon dari alkohol. Sebagai contoh adalah butil asetat diturunkan dari butanol dan asam asetat. Rumus kimia butil asetat adalah CH3CO2C4H9. Penulisan alternatif adalah BuOAc.

tata nama ester butil etanoat
Butil asetat atau butil etanoat

Ester siklik disebut lakton, baik diturunkan dari asam organik maupun anorganik. Contoh lakton adalah β-propiolakton.

ester siklis
β-propiolakton

Ester Anorganik

Ester juga dapat diturunkan dari asam anorganik dan alkohol. Sehingga tata nama diperluas menjadi asam oksi anorganik seperti asam fosfat, asam sulfat, asam nitrat, dan asam borat. Contohnya adalah trifenil fosfat adalah ester yang diturunkan dari asam fosfat dan fenol. Karbonat anorganik diturunkan dari asam karbonat. Contoh adalah etilen karbonat yang diturunkan dari asam karbonat dan etilen glikol.

ester anorganik
Etilen karbonat

Ortoester

Kelas ester organik yang tidak umum adalah ortoester yang mempunyai rumus RC(OR’)3. Contoh ortoester adalah trietilortoformat (HC(OC2H5)3) diturunkan dari asam ortoformat (HC(OH)3) dan etanol.

ortoester
Trietilortoformat