Kegunaan Aldehida

Aldehida merupakan senyawa organik yang mempunyai banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Kegunaan aldehida diantara lain dijelaskan di uraian di bawah ini.

Kegunaan Aldehida yang Utama

Formaldehida

Formaldehida dibuat terutama oleh oksidasi metanol. Formaldehida adalah gas tetapi pada umumnya berwujud larutan 37 persen dalam air yang terkenal dengan sebutan formalin. Senyawa ini digunakan dalam penyamakan, melestarikan, dan pembalseman dan sebagai bahan pembasmi kuman, fungisida, dan insektisida untuk tanaman dan sayuran. Penerapannya terbesar adalah dalam produksi bahan polimer tertentu. Plastik Bakelite dibuat oleh reaksi antara formaldehida dan fenol. Ini bukan rantai linear melainkan struktur tiga dimensi. Polimer tiga dimensi serupa dibuat dari formaldehida dan senyawa urea dan melamin. Polimer ini digunakan tidak hanya sebagai plastik, tetapi yang lebih penting sebagai perekat dan pelapis. Kayu lapis terdiri dari lembaran kayu tipis direkatkan oleh salah satu polimer tersebut. Selain Bakelite, nama dagang Formica dan Melmac digunakan untuk beberapa polimer yang dibuat dari formaldehida.
kegunaan aldehida formalinFormaldehida membunuh sebagian besar bakteri, sehingga larutan formaldehida dalam air biasa digunakan sebagai desinfektan. Benzaldehyde umumnya digunakan sebagai perisa makanan komersial (sebagai pemberi aroma almond) dan pelarut industri. Benzaldehida juga digunakan dalam sintesis senyawa organik lainnya, mulai dari obat-obatan untuk aditif plastik. Benzaldehida juga merupakan perantara penting untuk pengolahan parfum dan bumbu senyawa dan sebagai bahan baku pewarna anilin.

Sinamaldehida

Sinamaldehida diperlukan untuk penyedap makanan seperti permen karet, es krim, permen, dan minuman. Sinamaldehida digunakan di beberapa parfum. Sinamaldehida juga digunakan sebagai fungisida yang terbukti efektif di lebih dari 40 tanaman yang berbeda, biasanya penerapannya di sistem akar tanaman. Toksisitasnya rendah dan itulah yang membuatnya ideal untuk pertanian. Pada tingkat yang lebih rendah, sinamaldehida efektif sebagai insektisida, dan aroma yang juga dikenal untuk mengusir hewan seperti kucing dan anjing. Sinamaldehida juga dikenal sebagai inhibitor korosi untuk baja dan besi. Hal ini dapat digunakan dalam kombinasi dengan tambahan komponen seperti zat pendispersi, pelarut dan surfaktan lain.

Sinamaldehida juga dipakai sebagai zat anti-kanker. Kegiatan dokumen penelitian terbaru anti-kanker sinamaldehida membuktikan bahwa ada pertumbuhan sel tumor yang terhambat dalam model “murine A375 melanoma manusia.

Kegunaan Aldehida yang Lain

Oksidasi aldehida menghasilkan asam karboksilat, sedangkan reduksi aldehida menghasilkan alkohol. Aldehida berperan dalam banyak reaksi kimia dan mudah mengalami polimerisasi menjadi rantai yang mengandung puluhan ribu molekul monomer. Kombinasi aldehida dengan molekul lain dalam beberapa plastik. Banyak aldehida yang menjadi bahan industri skala besar, berguna sebagai pelarut, monomer, bahan parfum dan intermediet. Gula yang mempunyai gugus aldehida disebut sebagai aldosa.