Kegunaan Alkohol

Kegunaan alkohol mencakup banyak aspek di kehidupan manusia. Halaman ini menjelaskan beberapa kegunaan alkohol sederhana seperti metanol, etanol dan 2-propanol.

kegunaan alkohol

Kegunaan Alkohol Etanol

Pembuatan spirtus

Etanol biasanya dijual sebagai spirtus. Spirtus jenis ini mengandung alkohol dengan jumlah kecil, dengan penambahan metanol dan zat warna.

Sebagai bahan bakar

Pembakaran etanol untuk menghasilkan karbon dioksida dan air. Dengan demikian, etanol dapat dapat digunakan sebagai bahan bakar, baik sendiri atau dalam campuran dengan bensin (bensin). “Gasohol” adalah campuran bensin dan etanol dengan kandungan 10-20% etanol.

Sebagai pelarut

Etanol banyak digunakan sebagai pelarut. Hal ini relatif aman, dan dapat digunakan untuk melarutkan banyak senyawa organik yang tidak larut dalam air. Contoh penggunannya adalah pada parfum dan kosmetik.

Kegunaan Alkohol Metanol

Sebagai bahan bakar

Pembakaran etanol membentuk karbon dioksida dan air, dengan demikian dapat digunakan sebagai bahan aditif bensin untuk meningkatkan pembakaran. Metanol dapat mudah dibeli di toko-toko. Metanol membuat bahan bakar yang baik untuk kompor alkohol. Uap dari metil alkohol bersifat racun. Penggunaan jangka panjang dan kompor terkontaminasi metanol dapat menyebabkan paparan racun. Harap hati-hati saat menyimpan metil alkohol dekat peralatan memasak.

Sebagai bahan baku industri

Kebanyakan metanol digunakan untuk membuat bahan-bahan kimia lain seperti metanal (formaldehida), asam etanoat, dan metil ester dari berbagai asam. Dalam kebanyakan kasus, zat-zat tersebut diubah menjadi produk lebih lanjut.

Kegunaan Alkohol 2-propanol

2-propanol banyak digunakan dalam jumlah yang menakjubkan sebagai pelarut. Dengan nama lian isopropanol atau isopropilalkohol, zat ini dapat ditemukan di apotek dan toko kelontong pada konsentrasi sekitar 70 persen alkohol. Zat ini dapat digunakan sebagai bahan pembersih dan untuk tujuan pertolongan pertama. Meskipun tidak direkomendasikan sebagai bahan bakar untuk kompor, alkohol dapat digunakan jika perlu. Konsentrasi untuk isopropil alkohol yang digunakan sebagai bahan bakar harus lebih besar dari 90%.

Demikianlah manfaat dan kegunaan alkohol dalam kehidupan. Sebenarnya alkohol memang sengaja dibuat di industri dalamskala besar supaya dapat dijangkau diseluruh kalangan masyarakat. Namun sekali lagi,penggunannya harus hati-hati.