Kegunaan Eter

Eter merupakan senyawa organik yang mempunyai struktur R-O-R’, dimana R adalah gugus alkil. Kegunaan eter mencakup di berbagai bidang.

Kegunaan Eter di Bidang Rumah Tangga

Eter bersifat cukup reaktif dan oleh karena itu, eter merupakan pelarut yang sangat cocok untuk melarutkan lemak, minyak, lilin, parfum, resin, pewarna, gum dan hidrokarbon. Selain itu, uap eter tertentu digunakan sebagai insektisida dan fumigan untuk tanah bagian atas.

Kegunaan Eter di Bidang Medis

Eter juga memainkan peran penting dalam farmakologi dan obat-obatan, terutama untuk penggunaan anestesi (bahan pembius). Metoksimetana (dimetil eter) atau dikenal sebagai kodein adalah obat penghilang rasa sakit yang efektif, dan merupakan bahan utama dalam pembuatan morfin. Etil eter (atau dietil eter, atau eter saja) adalah salah satu anestesi yang pertama kali digunakan untuk prosedur bedah pada tahun 1800-an. Namun eter sangat mudah terbakar dan sebagian besar telah digantikan oleh anestesi yang kurang mudah terbakar lainnya, seperti nitro oksida dan halotan.

Kegunaan Eter di Bidang Industri

Etoksietana (dietil eter) cukup stabil dan karena itu digunakan sebagai cairan starter untuk mesin diesel dan mesin bensin dalam cuaca dingin. Dimetil eter digunakan sebagai propelan spray dan pendingin. Eter dari etilen glikol digunakan sebagai pelarut dan plastisizer. Metil tetra butil etier (MTBE) adalah stabilizer bensin yang meningkatkan konsentrasi oktan dan mengurangi polusi.

kegunaan eter
Eter sebagai bahan pelarut industri

Eter merupakan pelarut yang baik yang digunakan untuk melarutkan senyawa lain, karena sifat kimianya. Eter tidak terikat baik satu sama lain, tetapi mereka terikat dengan baik dengan bahan kimia lainnya.Eter bisa “mengambil” bahan kimia, memegangnya dalam larutan dan memungkinkan untuk melarutkan. Eter sangat baik untuk melarutkan sesuatu yang tidak larut dengan baik dalam air, seperti lemak, lilin, dan aroma untuk parfum. Para ilmuwan juga menggunakan eter untuk melarutkan dan memproduksi obat lain. Karena eter begitu mudah terbakar, juga dapat digunakan sebagai bahan bakar. Beberapa eter ditambahkan sebagai oksigenator untuk bensin. Selain itu, eter digunakan sebagai aditif anti-es dalam bahan bakar jet. Salah satu jenis eter tertentu, dimetil eter, telah diusulkan sebagai sumber bahan bakar terbarukan untuk menggantikan bensin seluruhnya.

Singkatnya, eter adalah bahan kimia dengan atom oksigen terikat pada dua gugus alkil. Eter cair pada suhu kamar dan biasanya berwarna, dengan bau manis. Jenis yang paling umum dari eter adalah dietil eter , yang sangat mudah terbakar dan adalah salah satu yang pertama anestesi digunakan dalam operasi. Karena efek anestesi, eter juga digunakan sebagai obat terlarang untuk menghasilkan sedasi dan euforia. Eter juga dapat digunakan sebagai pelarut untuk membuat parfum, melarutkan lilin atau lemak lainnya, atau membuat obat lain. Eter adalah komponen penting dari bensin dan aditif dalam bahan bakar jet, dan dapat dianggap sebagai sumber bahan bakar terbarukan di masa depan.