Plastik LDPE

Deskripsi

LDPE adalah singkatan dari low-density polyethylene (polietilena densitas rendah). Jenis Plastik LDPE ini dapat diidentifikasi pada banyak produk yang digunakan dengan kode resin atau nomor daur ulang 4.
Menurut American Chemistry Council (ACC), LDPE terutama digunakan dalam aplikasi film karena kuat, fleksibel, dan relatif transparan. LDPE juga digunakan untuk memproduksi beberapa tutup dan botol fleksibel serta dalam aplikasi kawat dan kabel.

Plastik LDPE

Sifat Plastik LDPE

ACC melaporkan bahwa LDPE adalah polimer memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap asam, basa, dan minyak nabati. Ketangguhan, fleksibilitas, dan transparansi relatifnya membuatnya bagus untuk aplikasi pengemasan yang membutuhkan penyegelan panas.

Aplikasi

LDPE digunakan untuk membuat banyak produk tipis dan fleksibel seperti kantong plastik untuk laundry, koran, roti, makanan beku, produk segar dan sampah. Sebagian besar film shrink-wrap dan stretch juga terbuat dari LDPE, serta pelapis untuk karton susu kertas dan cangkir minuman sekali pakai. Produsen juga menggunakan LDPE untuk membuat tutup wadah tipis, botol yang bisa diremas, dan beberapa mainan.

Daur Ulang

Sebagian besar wilayah menawarkan daur ulang untuk produk yang dibuat dengan LDPE dan polietilen densitas rendah linier (LLDPE), yang juga dilengkapi nomor daur ulang 4. Seperti semua jenis plastik lainnya, LDPE dapat membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai di TPA, jadi produk yang dibuat secara eksklusif dari LDPE harus didaur ulang jika memungkinkan. Beberapa area tidak menawarkan daur ulang untuk kantong plastik yang terbuat dari LDPE, tetapi ini dapat digunakan kembali.

Produk yang Dibuat dengan Bahan Daur Ulang

LDPE daur ulang dapat digunakan untuk memproduksi amplop pengiriman, liner tempat sampah, ubin lantai, panel, furnitur, tempat sampah kompos, tempat sampah, kayu lanskap dan kayu luar ruangan, menurut ACC.